Recent Posts

    Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu

    Apa Sih Komputer Itu?

    Fungsi dan Manfaat Komputer, Pengguna IT Wajib Tahu

    Ditinjau dari segi etimologi, komputer berasal dari bahasa Inggris “computer”, pada awalnya memiliki arti sebagai orang yang melakukan kalkulasi atau penghitungan. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, terjadi perubahan terhadap pengertian komputer. Hingga pada akhirnya komputer memiliki arti sebagai sebuah alat atau perangkat elektronik yang mampu menerima perintah atau intruksi untuk melakukan operasi aritmatik dan logika secara otomatis.

    Kemampuan komputer untuk melakukan serangkaian operasi aritmatik dan logika disebut dengan program. Hal inilah yang membuat komputer dapat menjalankan berbagai jenis tugas yang diinstruksikan. Intruksi adalah perintah yang diberikan kepada komputer. Perintah yang diberikan bukan sembarang perintah,  melainkan perintah dengan format yang dapat dimengerti oleh komputer.

    Komponen-komponen utama komputer adalah processor,memori, harddisk, motherboard, power supply, VGA, CD ROM, monitor, mouse, keyboard. 

    Menurut segi arsitekturnya, komputer dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu sebagai berikut. 
    • ALU (arithmetic and logic unit) - ALU berfungsi sebagai unit yang melakukan operasi aritmatik dan logika pada komputer, serta melakukan perbandingan.
    • Unit kontrol - Unit kontrol berfungsi untuk mengontrol instruksi dari program komputer, mulai dari menyimpan perintah, mengirimkan perintah ke ALU, hingga mengembalikan hasil proses perintah dari ALU ke memori sesuai program.
    • Unit input dan output - Unit input berfungsi untuk mendapatkan dan memasukkan data yang kemudian akan menjadi instruksi perintah untuk dikerjakan oleh ALU. Sedangkan unit output berfungsi untuk menampilkan hasil dari proses pengerjaan instruksi yang dilakukan oleh ALU sehingga sampai pada pengguna.
    •  Memori - berfungsi sebagai media untuk menyimpan serangkaian instruksi yang diberikan pada  komputer dan juga informasi penting lainnya.

    Baca juga : 15 Komponen Komputer, Fungsi, beserta Jenisnya


    Fungsi Utama yang Dimiliki Komputer


    Setiap orang kalau ditanya tentang fungsi komputer, jawabannya berbeda-beda. Mulai dari sebagai alat untuk mengolah data, alat untuk mempermudah pekerjaan, alat untuk berkomunikasi, hingga alat yang digunakan untuk hiburan. Jawaban yang berbeda-beda tersebut tentunya bukanlah jawaban yang asal-asalan atau ngawur. Hal ini wajar karena setiap orang menggunakan komputer berdasarkan kebutuhannya masing-masing. Namun tetap penting untuk mengetahui fungsi utama dari komputer sebenarnya itu apa.

    Komputer mempunyai 4 fungsi utama, yaitu:

    1. Input

    Fungsi utama pertama yang dimiliki komputer adalah input, yaitu untuk menerima data atau informasi dari sumber luar. Contoh paling gampang dari fungsi ini adalah data atau informasi yang diperoleh dari ketikkan keyboard dan klik mouse. Komputer juga bisa menerima data atau informasi dari peralatan lain atau dari komputer lain.

    2. Processing

    Fungsi utama kedua yang dimiliki komputer adalah melakukan pemrosesan. Bahan yang diproses adalah data atau informasi yang diperoleh dari perangkat input tadi. Awalnya data tersebut akan tersimpan pada memori internal, kemudian diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah informasi baru, yang pada akhirnya akan dikirimkan ke perangkat output untuk ditampilkan.

    3. Output

    Fungsi utama ketiga yang dimiliki komputer adalah output, yaitu untuk  menampilkan hasil dari sebuah proses data atau informasi dalam bentuk teks, gambar, maupun audio kepada pengguna atau perangkat lainnya berdasarkan kebutuhan masing-masing. Contoh perangkat output yang sering dijumpai adalah monitor, printer, dan speaker.

    4. Storage

    Fungsi utama terakhir yang dimiliki komputer adalah media atau tempat untuk menyimpan serangkaian data atau informasi. Penyimpanan dialokasikan berdasarkan bagaimana informasi akan dipakai, ada yang disimpan dalam memori utama dan ada juga yang disimpan dalam memori tambahan. Informasi yang disimpan juga dibedakan menjadi data pengguna dan data instruksi.


    Manfaat Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari


    Di zaman modern seperti sekarang ini, komputer mempunyai peranan penting bagi manusia dalam melakukan segala aktivitasnya. Peran komputer sangat vital dan pengaruhnya pun menjalar begitu cepat hingga ke berbagai kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa . Semuanya telah mulai menggunakan komputer untuk berbagai keperluan mereka.

    Dahulu komputer hanya mempunyai fungsi sebagai alat yang digunakan untuk melakukan perhitungan artimatika. Namun, seiring perkembangan zaman, komputer sekarang dapat digunakan untuk banyak hal atau multifungsi. 

    Pada awal penciptaannya, komputer hanya digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan saja. Berbeda dengan sekarang, di mana pengguna komputer dapat kita jumpai di berbagai tempat, mulai dari lingkungan sekolah, universitas, kantor, pertokoan, bahkan hampir setiap rumah telah memiliki komputer.

    Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengguna komputer semakin hari semakin bertambah. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari manfaat yang dimiliki komputer sehingga dibutuhkan oleh manusia dalam mendukung aktivitasnya sehari-hari.

    Tahukah kalian apa saja manfaat yang dimiliki oleh komputer? Jika belum maka berikut manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari.

    1. Dapat Mempermudah Pekerjaan Manusia


    Mempermudah Pekerjaan Manusia

    Sejak awal penciptaannya komputer memang dirancang untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Komputer dapat membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah untuk dikerjakan, lebih cepat terselesaikan, dan lebih tepat hasil yang didapatkan.

    Pekerjaan yang dikerjakan secara manual akan membutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikannya. Terlebih lagi pekerjaan tersebut cukup banyak menguras pikiran dan tenaga. Akan tetapi lain halnya jika kita melibatkan komputer dalam proses pengerjaannya. Maka pekerjaan tersebut akan dikerjakan secara komputasi sehinga akan lebih efisien. 

    Contoh pekerjaan yang mulai banyak memanfaatkan komputer dalam pengerjaannya antara lain membuat dokumen, menghitung gaji karyawan, membuat animasi, administrasi pelayanan publik, mengembangkan aplikasi, mengelola jaringan, dan masih banyak lagi yang lain.

    2. Sebagai Sarana Penunjang Pendidikan


    Sebagai Sarana Penunjang Pendidikan

    Kehadiran komputer memberikan pengaruh yang besar dalam dunia pendidikan. Dapat dikatakan keberadaan komputer dalam dunia pendidikan adalah wajib. Kenapa tidak, hampir semua jenjang pendidikan mulai dari SD sampai perguruan tinggi menggunakan komputer sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran.

    Proses pembelajaran yang monoton dan tidak menarik dapat membuat siswa merasa jenuh dan mudah bosan. Akibatnya siswa tidak bisa fokus dalam menerima materi yang diberikan. Oleh karena itu cobalah untuk mengkolaborasikannya dengan komputer. Misalnya saja menyajikan materi dengan menyertakan video yang interaktif, melakukan presentasi dengan komputer, atau bahkan memberikan simulasi dari materi yang diberikan dengan bantuan komputer. Dengan begitu suasana pembelajaran akan menjadi lebih hidup dan tidak monoton lagi sehingga peserta didik akan memiliki antusias dalam menerima materi.

    Komputer juga membantu meningkatkan daya eksplorasi peserata didik. Misalnya saja jika terdapat materi pembelajaran yang tidak diajarkan di sekolah, maka dengan adanya komputer mereka dapat memanfaatkannya untuk mencari materi tersebut.

    Hal ini merupakan sebuah dampak positif dalam dunia pendidikan, karena selain meningkatkan daya ekplorasi rasa ingin tahu peserta didik, dampak positif lainnya adalah juga dapat meningkatkan kemandirian berpikir peserta didik. Hal tersebut dikarenakan materi yang didapatkan berasal dari dunia luar atau melalui komputer, bukan dari seorang guru, sehingga mereka akan berusaha untuk bisa memahaminya dengan sendirinya.

    3. Sebagai Media untuk Mencari Informasi


    Sebagai Media Untuk Mencari Informasi

    Seiring perkembangan waktu, komputer mengalami perkembangan yang begitu pesat. Fungsi dan kemampuan yang dimilikinya pun semakin banyak dan canggih. Salah satunya adalah perkembangan dalam jaringan komputer. Jaringan komputer adalah hubungan antara beberapa komputer, baik dalam ruang lingkup lokal atau yang dikenal dengan LAN, sampai dengan ruang lingkup dunia yang disebut WAN atau gampangannya internet.

    Oleh karenanya, hanya dengan menggunakan komputer yang terhubung pada jaringan internet, kita akan dengan mudah mendapatkan sebuah informasi. Apalagi di tambah dengan adanya mesin pencari atau search engine dan sosial media. Maka informasi akan semakin mudah dan semakin luas untuk Anda peroleh.

    4. Sebagai Media Komunikasi


    Sebagai Media Berkomunikasi

    Dahulu orang hanya menggunakan telepon dan radio sebagai alat komunikasi. Sebetulnya kedua alat tersebut sudah cukup untuk melakukan komunikasi. Tetapi seiring perkembangan zaman, berkomunikasi sekarang tidak lagi diartikan hanya saling bertukar suara saja, namun harus lebih dari itu. Misalnya juga dengan saling bertatap muka, walaupun kedua pihak yang berkomunikasi tidak berada pada lokasi yang sama.

    Hah, bagaimana caranya, emang bisa? Jawabannya adalah bisa.

    Caranya adalah hanya dengan memanfaatkan komputer dan menghubungkannya dengan jaringan internet, maka dengan begitu kita sudah bisa berkomunikasi dengan pengguna komputer lain yang ada di dunia. Tidak hanya dengan pengguna komputer saja, tetapi juga berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya seperti smartphone dan lain-lain.

    Kita juga bisa berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh sekalipun. Metodenya pun bermacam-macam. Mulai dari berkomunikasi lewat tulisan, lewat suara bahkan kita juga bisa bertatap muka langsung, yaitu melalui fasilitas video conference. Kesimpulannya dengan makin merebaknya aplikasi-aplikasi chatting dalam komputer, maka akan semakin mudah orang untuk  melakukan komunikasi.

    5. Sebagai Lahan Usaha


    Sebagai Lahan Usaha

    Walaupun untuk mendapatkan sebuah komputer kita harus mengeluarkan nilai rupiah yang lumayan besar, namun disisi lain kita juga bisa mendapatkannya kembali bahkan dalam jumlah yang lebih besar. Caranya yaitu dengan membuka usaha di bidang komputer.

    Apalagi pada zaman digital seperti sekarang ini, hampir semua aktivitas melibatkan teknologi. Beberapa tahun terakhir usaha bisnis dengan komputer mulai banyak bermunculan. Banyak lahan usaha yang hanya dengan memanfaatkan komputer dapat mendulang kesuksesan yang besar. Sebut saja misalnya bisnis jual beli online. Hanya dengan memanfaatkan komputer yang terhubung internet, kita bisa memasarkan dan menjual produk kita kepada konsumen hanya dengan duduk manis di depan layar komputer, tanpa harus membuang banyak waktu, tenaga, dan tentunya sangat efisien.

    6. Sebagai Alat Kendali atau Kontrol


    Sebagai Media Alat Kendali atau Kontrol

    Komputer di zaman sekarang dapat dijadikan sebagai alat kendali atau kontrol dalam berbagai bidang apapun. Mulai dari mengontrol perkembangan bisnis suatu perusahaan, mengontrol keuangan hingga mengontrol alat-alat lainnya yang sudah terintegrasi dengan komputer. Dengan adanya komputer, segala aktivitas yang berat dapat dikendalikan atau dikontrol tanpa harus mempedulikan tempat dan waktu.

    Contoh penggunaan komputer sebagai alat kontrol antara lain adalah pada pabrik-pabrik yang memanfaatkan komputer untuk mengontrol penggunaan alat-alat produksinya. Kemudian juga pada rumah sakit, yaitu digunakan untuk mengontrol kesehatan pasien, dan seorang pengusaha yang dapat mengontrol usahanya dari jauh tanpa harus mendatangi lokasinya, melainkan hanya dengan fasilits komputer dan internet.

    7. Sebagai Media Hiburan


    Sebagai Media Hiburan

    Manfaat komputer yang terakhir adalah sebagai media hiburan. Ada berbagai jenis hiburan yang bisa kita dapatkan dari komputer, seperti memutar film, bermain video game, mendengarkan musik, bernyanyi, menari dan hiburan-hiburan lainnya.

    Apalagi di dukung dengan  pesatnya perkembangan jaringan internet, maka semakin banyak jenis hiburan yang bisa kita dapatkan.

    Demikianlah artikel tentang fungsi yang dimiliki oleh komputer, dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel