Recent Posts

    Pengertian Komputer : Sejarah, Fungsi, Jenis, Elemen, Komponen Komputer

    Calon-A.Md. - Salam. Apa kabar sobat, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Sobat tahu tidak, adanya teknologi sangat membantu manusia dalam berbagai hal, salah satunya yang paling berpengaruh adalah teknologi sangat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk itu pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang sebuah teknologi yang memiliki manfaat sangat banyak bagi kehidupan sehari-sehari dan diberbagai bidang, teknologi tersebut adalah komputer.

    Apa itu komputer? Secara umum, komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan sehingga menghasilkan sebuah informasi yang diinginkan oleh pengguna.

    Komputer dapat didefiniskan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan sebuah informasi berdasarkan data dan program yang ada.

    Pengertian Komputer Lengkap


    Komputer itu sendiri ditemukan oleh seorang matematikawan asal Inggris yang bernama Charles Babbage (1791-1871). Charles Babbage berhasil menciptakan Different Engine pada tahun 1821. Different Engine merupakan sebuah mesin yang dapat menyusun tabel matematika sekaligus merupakan asal-usul dari komputer.


    Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

    Berikut beberapa pengertian komputer menurut para ahli:

    1. Robert H. Blissmer

    Menurut Robert H. Blissmer, komputer adalah perangkat elektronik yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakan tugas atau menyelesaikan keperluan penggunaya, meliputi melakukan input data, memproses dan menyimpan data, hingga menghasilkan output dalam bentuk informasi.

    2. Donald H. Sanderes

    Menurut Donal H. Sanderes, komputer merupakan sistem elektronik yang dapat memanipulasi data dengan sangat cepat dan tepat, sengaja dirancang dan diorganisasikan berjalan secara otomatis dalam menerima dan menyimpan data input, yang kemudia memprosesnya, serta menghasilkan output di bawah pengawasan dari berbagai langkah perintah program (dalam hal ini adalah sistem operasi) yang tersimpan pada memori penyimpanan komputer.

    3. Larry Long dan Nancy Long

    Menurut Larry Long dan Nancy Long, komputer mempunyai arti sebuah perangkat alat hitung elektronik yang memiliki kemampuan dalam menginterpresentasikan dan mengerjakan berbagai perintah program seperti input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logika lainnya.

    4. V.C. Hamacher et al

    Menurut V.C. Hamacher et al, komputer adalah sebuah mesin penghitung elektronik yang dapat melakukan perhitungan dengan cepat dan bisa menerima informasi input dalam bentuk digital, kemudian memprosesnya berdasarkan program yang tersimpan pada memori komputer hingga menghasilkan output dalam bentuk informasi.

    5. Elias M. Awad

    Menurut Elias M. Awad, komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data dan kemudian menyajikannya dalam bentuk data analog dan digital.

    Baca juga : 15 Pengertian Komuter Menurut Para Ahli beserta Kesimpulan


    Sejarah Komputer

    Secara etimologis, kata komputer berasal dari bahasa latin "computare" atau bahasa Inggris yang mempunyai arti menghitung, atau secara luas adalah alat yang digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika. Komputer mengalami banyak perkembangan dari zaman ke zaman, baik perkembangan dalam bentuk fisik, maupun perkembangan dalam bentuk logika atau fungsi.

    Hingga saat ini komputer terbagi menjadi lima generasi, yaitu:

    1. Generasi Pertama

    Komputer generasi pertama mulai didesain untuk pertama kali pada saat terjadinya Perang Dunia ke-II, di mana pada saat itu negara-negara yang terlibat dalam perang berusaha mengembangkan komputer untuk memanfaatkan potensi srategis yang dimiliki komputer. Komputer pertama bernama Z3 berhasil dibuat oleh Konrad Zuse, seorang Insinyur Jerman pada tahun 1941. Komputer Z3 tersebut dirancang untuk keperluan desain pesawat terbang dan kendali peluru.

    Dari pihak sekutupun tidak mau kalah, pada tahun 1943 Inggris berhasil menyelesaikan pembuatan komputer bernama Colossus. Colossus dirancang untuk keperluan memecahkan kode rahasia, di mana kode rahasia tersebut digunakan oleh Jerman dalam berperang.

    2. Generasi Kedua

    Penemuan transistor pada tahun 1948 sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Pada saat itu transistor diguanakan untuk menggantikan tube vacum pada perangkat elektronik seperti televisi, radio, dan komputer. Penggunaan transistor pada perangkat-perangkat elektronik tersebut mengakibatkan ukuran-ukuran perangkat tersebut berkurang secara drastis menjadi ukuran yang lebih kecil.

    Tidak hanya transistor, penemuan lainnya yang mempengaruhi perkembangan komputer generasi kedua adalah pengembangan sebuah memori inti magnetik yang membantu pengembangan komputer generasi kedua menjadi lebih kecil bentuknya, lebih cepat, lebih hemat daya, dan tentunya lebih dapat diandalkan kemampuannya dibandingkan dengan komputer pada generasi sebelumnya,

    3. Generasi Ketiga

    Penggunaaan transistor sebagai pengganti tube vacum pada komputer mengungguli banyak hal. Selain mempunyai keunggulan yang jauh lebih baik dari tube vacum, sayangnya transistor juga mempunyai kelemahan dalam penggunaannya sebagai pengganti tube vacum pada komputer. Transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Oleh karena itu muncullah sebuah permasalahan baru pada industri pengembangan komputer.

    Setelah melakukan beberapa percobaan guna memecahkan masalah tersebut, akhirnya seorang Insinyur dari Texas Instrument bernama Jack Killby, berhasil mengembangkan sirkuit terintegrasi atau disebut IC (Integrated Circuit) pada tahun 1958. Sirkuit terintegraasi tersebut terbuat dari kombinasi tiga komponen elektronik  dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

    Perkembangan komputer generasi ketiga lainnya adalah penemuan sebuah chip tunggal yang disebut semikonduktor. Chip tunggal tersebut berisi komponen-komponen komputer yang berhasil dimasukkan ke dalam chip tunggal tersebut. Hasilnya ukuran komputer generasi ketiga menjadi lebih kecil lagi daripada komputer generasi kedua. Kemajuan perkembangan komputer generasi ketiga lainnya adalah mulai digunakannya sistem operasi atau disebut OS (Operating System) pada komputer sehingga membuat komputer generasi ketiga dapat menjalankan program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

    4. Generasi Keempat

    Ditemukannya IC (Integrated Circuit) membuat tujuan pengembangan komputer menjadi lebih jelas. Pada generasi keempat pengembangan fokus pada mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik komputer. Hal tersebut dilakukan dengan memasukkan komponen komputer pada sebuah chip tunggal. Hasilnya adalah Chip Intel 4004 dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen komputer (Central Processing Unit (CPU)), memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.

    5. Generasi Kelima

    Gambaran utama komputer generasi klima adalah sebuah komputer yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau disebut AI (Arficial Intellegent). Sehingga nantinya komputer generasi kelima akan dapat mempunyai nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia menggunakan masukan visual dan belajar dari pengalamannya sendiri.

    Akan tetapi mendefinisikan perkembangan komputer generasi kelima cukup sulit karena tahap perkembangan komputer generasi kelima masih sangat muda, dan banyak fungsi-fungsi yang akan dimiliki komputer generasi kelima masih belum terwujud. Akan tetapi dengan banyaknya kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi membuat kemungkinan perkembangan dan pembuatan komputer generasi kelima menjadi sangat mungkin.

    Baca juga : 5 Generasi Sejarah Perkembangan Komputer, Ciri, dan Gambar Lengkap


    Fungsi Komputer

    Fungsi komputer sangatlah beragam, tergantung pada kebutuhan penggunanya. Namun jika berdasarkan pada pengertian komputer, maka secara umum komputer memiliki fungsi utama sebagai berikut:

    1. Data Input

    Sebagai data input komputer dapat menerima informasi atau data dari berbagai sumber. Data tersebut dapat diperoleh melalui aktivitas perangkat input seperti keyboard, mouse, scanner, dan perangkat input lainnya.

    2. Data Processing

    Data processing merupakan fungsi utama yang dimiliki oleh komputer. Sebagai data processing komputer dapat melakukan pengolahan data yang kemudian menghasilkan output yang dibutuhkan oleh pengguna dalam bentuk informasi. Pada umumnya data yang diolah komputer berbentuk teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

    3. Data Output

    Sebagai data output komputer akan menghasilkan output dalam bentuk informasi bagi penggunanya. Output informasi dihasilkan komputer setelah melakukan proses pengolahan data yang sebelumnya didapatkan dari hasil input yang diberikan pengguna. Hasil output komputer akan ditampilkan pada perangkat output seperti monitor, printer, dan speaker.

    4. Data Storage

    Komputer juga dapat berfungsi sebagai media untuk menyimpan data sehingga lebih mudah ditemukan dan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan pada memori internal komputer maupun memori eksternal komputer.

    5. Data Movement

    Fungsi utama komputer yang terakhir adalah sebagai data movement. Sebagai data movement komputer dapat memindahkan data dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal, memindahkan data ke komputer lain, dan memindahkan data ke perangkat output.

    Baca juga : Fungsi Komputer Secara Umum dan Manfaatnya, Pengguna IT Wajib Tahu 


    Jenis-Jenis Komputer

    Jenis-jenis komputer dapat diklasifikasikan dari berbagai hal seperti berdasarkan fungsi, berdasarkan kegunaan (dalam hal ini lebih mengarah kepada tujuan perancangan komputer tersebut), berdasarkan data yang diolah, dan berdasarkan ukurannya.

    A. Jenis Komputer Berdasarkan Kegunaan

    Berdasarkan kegunaannya komputer dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
    1. Special Purpose
    2. General Purpose

    B. Jenis Komputer Berdasarkan Fungsi

    Komputer dirancang dengan fungsi yang berbeda-beda. Berdasarkan fungsinya komputer dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
    1. Embedded System
    2. Information Appliance (IA)
    3. Server
    4. Workstation

    C. Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah

    Berdasarkan data yang diolah komputer dibagi menjadi 3 macam, yaitu:
    1. Analog
    2. Digital
    3. Hybrid

    D. Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran

    Berdasarkan ukurannya komputer dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
    1. Micro
    2. Mini
    3. Mainframe
    4. Super



    Elemen-Elemen Komputer

    Pada sistem komputer terdapat tiga elemen utama yang memliki peranan penting dalam sebuah proses pengolahan data pada komputer agar dapat menghasilkan sebuah informasi yang baik dan valid sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ketiga elemen utama tersebut adalah:
    1. Perangkat Keras (Hardware)
    2. Perangkat Lunak (Software)
    3. Pengguna komputer (Brainware)


    Komponen-Komponen Komputer

    Berdasarkan fungsinya, komponen pada komputer dibagi menjadi 3 macam, yaitu:
    1. Komponen Input, merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai masukan berupa perintah pada komputer.
    2. Komponen Proccess, merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai pemroses data atau masukan berupa perintah dari komponen input.
    3. Komponen Output, merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk menampilkan hasil proses data atau masukan dalam bentuk perintah yang telah diproses.



    Baiklah sobat, demikian artikel kali ini yang mengulas tentang apa itu komputer. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk update terus berbagai sajian informasi yang terbaru, aktual, menarik, dan pastinya bermanfaat dari blog Calon-A.Md., terima kasih. Salam.


    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel