Recent Posts

    Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

    Jenis-Jenis Komputer yang Digunakan di Dunia beserta Fungsinya

    Pada era digital sekarang ini, pengguna komputer semakin bertambah banyak. Hampir semua kalangan telah menggunakan komputer, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Pada saat masa perkembangannya dahulu, komputer hanya digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan. Berbeda dengan masa sekarang, yang mana komputer dapat kita jumpai hampir di semua lingkungan, mulai dari lingkuangan sekolah, universitas, kantor, rumah sakit, pertokoan, warnet, bahkan hampir di setiap rumah telah memiliki komputer.

    Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengguna komputer semakin hari semakin banyak, oleh karenanya dapat dipastikan jika komputer bukan lagi suatu alat yang asing dalam kehidupan sehari-hari. Namun, walaupun manusia telah familiar dengan komputer, faktanya tidak sedikit yang masih menganggap bahwa jenis komputer itu hanyalah sebatas komputer desktop dan laptop saja.

    Padahal jika kita mengetahui yang sesungguhnya, jenis komputer yang digunakan di dunia bukan hanya komputer desktop dan laptop saja, melainkan lebih daripada itu. Oleh karenanya pada artikel kali ini akan membahas tentang jenis-jenis komputer yang digunakan di dunia beserta fungsinya.



    A. Jenis Komputer Berdasarkan Kegunaannya Secara Umum


    1. Special Purpose Computer


    Special Purpose Computer

    Special Purpose Computer adalah komputer yang dirancang untuk mengerjakan keperluan tertentu atau khusus. Komputer ini tidak dapat digunakan untuk mengerjakan banyak hal. Keberadaan komputer ini sangat terbatas karena hanya dirancang untuk keperluan tertentu saja.

    Special Purpose Computer biasanya digunakan pada organisasi atau perusahaan tertentu yang dalam pengoperasiannya memang membutuhkan peralatan khusus. Komputer jenis ini antara lain komputer pemecah kode, komputer khusus untuk mendesain pewasat terbang, dan komputer khusus analisis perkembangan produksi sebuah perusahaan.

    2. General Purpose Computer


    General Purpose Computer

    Special Purpose Computer adalah komputer yang dirancang untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Komputer jenis inilah yang banyak digunakan oleh masyarakat. Komputer jenis ini tidak memerlukan komponen khusus dalam perancangannya. General Purpose Computer antara lain Laptop, PC, Notebook, dan lain-lain.
     

    B. Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya


    1. Server



    Komputer Super

    Server adalah komputer yang memiliki fungsi menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang disebut dengan komputer client. Jenis layanan yang diberikan server kepada komputer client antara lain seperti DNS Server, DHCP Server, Web Server, FTP Server, dan lain-lain. Layanan tersebut dapat di akses oleh komputer client manapun tanpa terkecuali, dengan syarat harus terhubung dengan server telerbih dahulu atau berada dalam satu ruang lingkup yang sama dengan server (satu jaringan).

    Oleh karena begitu banyak layanan yang disediakan server untuk komputer client dan diakses secara terus menerus, maka terkadang server jarang sekali dimatikan atau bahkan tidak pernah dimatikan. Selain itu server harus didukung dengan komponen-komponen komputer yang berkualitas tinggi, supaya dapat optimal dalam menyediakan layanan kepada komputer client. Oleh sebab itu server masuk dalam kategori sebagai jenis komputer yang memiliki spesifikasi komponen berkualitas tinggi dan mahal. Selain itu server juga memerlukan seorang yang handal dalam administrasi komputer, analisis sistem, dan konfigurasi, utamanya dalam bidang jaringan.

    Server tidak boleh sampai error atau terjadi kerusakan pada sistemnya, karena server merupakan pusat dari sebuah lalu lintas data dalam jaringan, mengatur jaringan, dan menyediakan layanan kepada komputer client. Jika sampai terjadi error atau kerusakan pada sistem server, maka semua aktivitas yang berada dalam jaringan tersebut juga akan mengalami error dan tidak bisa berjalan dengan baik.

    2. Workstation

    Komputer Workstation

    Workstation adalah sebuah komputer yang dirancang untuk tujuan melakukan suatu pekerjaan yang khusus atau spesifik. Karena ditujukan untuk melakukan suatu pekerjaan yang khusus atau spesifik, maka workstation harus memilki spesifikasi hardware yang memadai sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan supaya dapat mengerjakan perkerjaan yang khusus atau spesifik tersebut.

    Selain harus memenuhi persyaratan dari segi spesifikasi hardware, workstation juga harus memenuhi persyaratan dari segi software. Software yang ditentukan untuk digunakan pada workstation adalah software yang sudah ada sebelumnya ataupun software yang dikembangkan sendiri sesuai dengan pekerjaan yang akan dikerjakan oleh workstation.

    Komputer workstation tidak sama dengan komputer client. Hal ini dapat dilihat dari segi hardwarenya. Secara umum workstation memilki processor dengan kinerja tinggi dan cepat, memiliki kapasitas memori dan VGA yang besar, dan memiliki resolusi layar yang tinggi pada monitor. Fungsi dari workstation antara lain adalah memudahkan pekerjaan pengguna, mempercepat penyelesaian pekerjaan pengguna, dan sangat membantu pengguna dalam mengerjakan pekerjaan yang spesifik.

    3. Embedded System

    Komputer Embedded System

    Kata “embedded” mempunyai arti tertanam, “embedded system” artinya sistem yang tertanam, maka dapat disimpulkan bahwa embedded system adalah komputer yang memiliki sistem tertanam yang dirancang khusus untuk tujuan mengerjakan tugas tertentu. 

    Dalam implementasinya, embedded system merupakan jenis komputer yang hanya digunakan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Berbeda dengan dengan sistem digital yang dirancang untuk banyak keperluan (general purpose). Oleh karenanya embedded system merupakan komputer yang tidak bisa berdiri sendiri (stand alone), implementasinya harus menggunakan perangkat dukungan seperti mikrokontroller.

    Embedded Sytem merupakan komputer yang memiliki ciri-ciri antara lain merupakan jenis komputer yang memiliki processor sama seperti jenis komputer yang lain, bekerja pada ruang lingkup outdoor sehingga besar kemungkinan untuk mendapat gangguan dari luar seperti getaran dan debu, dan embedded system merupkan jenis komputer yang memiliki tugas spesifik (special purpose).

    4. Information Appliance (IA)


    Komputer Information Appliance

    Information Appliance (IA) adalah komputer yang memiliki rancangan sistem khusus yang ditujukan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yang sifatnya elektrnoik. Pekerjaan-pekerjaan tersebut antara lain adalah memebuat dokumen, mengedit teks, keperluan fotografi, memutar film, sampai memainkan musik.

    Berdasarkan fungsinya tersebut, maka dapat dikatakan IA merupakan jenis komputer yang dirancang untuk mengerjakan lebih dari satu pekerjaan (general purpose). Pada umumnya IA memiliki spesifikasi hardware yang tidak terlalu tinggi, karena IA dirancang secara umum untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan elektronik.


    C. Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah


    1. Komputer Analog


    Komputer Analog

    Komputer analog adalah komputer yang dirancang dengan tujuan supaya dapat bekerja secara paralel dalam mengolah data atau informasi yang sifatnya kontinyu. Data atau informasi yang diolah tersebut berupa angka-angka dan besaran fisik. Data angka merupakan angka-angka yang kuantitatif. Sedangkan data besaran fisik antara lain adalah seperti tekanan udara, temperatur atau suhu, arus listrik, kecepatan angin, gelombang bunyi, dan lain-lain.

    Secara umum, pada dasarnya komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah operational amplifier (OP-AMP). Komputer analog mempunyai beberapa keunggulan antara lain:
    • Mudah untuk dioperasikan.
    • Sangat membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang spesifik, karena komputer analog tergolong sebagai komputer yang dirancang khusus untuk keperluan tertentu (special purpose).
    • Ketepatan hasil pengolahan atau pengukuran data memiliki ketelitian yang cukup tinggi.
    • Dapat difungsikan sebagai alat kendali atau kontrol otomatis pada industri-industri besar. 

    Komputer analog juga mempunyai kekurangan, antara lain:
    • Tidak multifunugsi, hanya dapat mengerjakan pekerjaan tertentu (special purpose).
    • Susunan komponennya cukup rumit.
    • Membutuhkan suplai daya yang besar.
    • Walaupun data atau informasi yang dihasilkan akurat, komputer analog terkadang kesulitan dalam memproses data yang berupa angka, sehingga membutuhkan waktu beberapa detik untuk memprosesnya barulah kemudian hasilnya akan ditampilkan.

    Komputer analog antara lain adalah amperemeter, barometer, voltmeter, termometer, dan lain-lain.

    2. Komputer Digital

    Komputer Digital

    Komputer digital adalah komputer yang dirancang untuk untuk bekerja berdasarkan sistem operasi hitung dalam mengolah data. Data atau informasi yang diolah komputer digital  adalah data yang sifatnya kuantitatif, berupa angka-angka (0-9), huruf (A-Z), tanda baca, dan simbol-simbol yang lain.

    Proses pengolahan data dikerjakan berdasarkan teknologi yang dikenal sistem bilangan biner, yaitu kombinasi bilangan yang hanya terdiri dari angka 1 dan 0. Komputer digital akan menerima data dalam bentuk biner atau bit, kemudian akan dikonversikan menjadi data digital. Dengan sistem bilangan biner ini proses pengolahan data pada komputer digital dapat dikerjakan dengan mudah, cepat, dan akurat.

    Komputer digital memiliki beberpa keunggulan antara lain:
    • Mampu bekerja dan mengirimkan data atau informasi dengan kecepatan tinggi.
    • Penggunaannya secara berulang-ulang terhadap data atau informasi tidak akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas dari data atau informasi itu sendiri.
    • Dapat memproses atau mengolah data atau informasi dalam jumlah yang besar.
    • Output yang dihasilkan beragam dan mudah untuk dibaca serta diinterpretasikan.
    • Multifungsi, dapat digunakan untuk mengerjakan banyak hal (general purpose).

    Komputer digital antara lain kalkulator, PC, timbangan berta badan digital, dan lain-lain.

    3. Komputer Hybrid


    Komputer Hybrid

    Komputer Hybrid adalah gabungan dari komputer analog dan digital. Karena merupakan gabungan dari komputer analog dan digital, maka komputer hybrid dalam proses pengolahan data atau informasi dapat bekerja secara kualitatif dan kuantitatif.

    Keunggulan yang dimiliki komputer hybrid adalah gabungan dari keunggulan komputer analog dan komputer digital. Komputer hybrid antara lain seperti komputer yang digunakan di rumah sakit, yaitu untuk mengecek kondisi kesehatan pasien. Kemudian juga komputer yang digunakan pada robot-robot di industri, yaitu untuk melakukan pekerjaan yang berat.

    Baca juga : Manfaat Komputer Bagi Manusia dalam Kehidupan Sehari-hari


    D. Jenis Komputer Berdasarkan Ukurannya


    1. Komputer Mikro (Micro Computer)


    Komputer Mikro

    Komputer Mikro adalah komputer yang memiliki ukuran paling kecil diantara semua jenis komputer lainnya. Komputer mikro menggunakan microprocessor sebagai unit pemrosesan utama. Komputer mikro merupakan jenis komputer yang paling banyak digunakan. Hal tersebut dikarenakan ukurannya yang paling kecil diantara jenis komputer yang lain, sehingga harga jual komputer mikro lebih murah daripada jenis komputer lainnya.

    Komputer mikro antara lain adalah Netbook, Notebook, Laptop, Ultrabook, Komputer Desktop, PDA (Personal Digital Assistant), Smartphone, Tablet, dan Game Console.

    2. Komputer Mini (Mini Computer)


    Komputer Mini

    Komputer Mini adalah komputer yang memiliki ukuran terkecil kedua setelah komputer mikro. Komponen penyusun komputer mini memiliki kinerja yang lebih tinggi dan berkapasitas lebih besar daripada komponen komputer mikro. Oleh karena itu komputer mini mampu menyimpan dan mengolah data dalam jumlah yang lebih besar daripada komputer mikro.

    Namun, komputer mini hanya dapat digunakan pada organisasi-organisasi atau perusahaan-perusahaan besar. Hal tersebut berarti komputer mini tidak dapat digunakan untuk pengguna tunggal (single user). Contoh implementasi komputer mini adalah melakukan analisis terhadap perkembangan produksi pada sebuah perusahaan supaya sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut.

    Komputer mini antara lain adalah PDP-8 (Programmable Data Processor 8), PDP-11, VAX (Virtual Address eXtention), Xerox Star (komputer dengan antarmuka GUI pertama di dunia), dan IBM System/370.

    3. Komputer Mainframe (Mainframe Computer)


    Komputer Mainframe

    Komputer Mainframe adalah komputer yang mempunyai ukuran jauh lebih besar daripada komputer mini. Dengan ukurannya yang besar tersebut, komputer mainframe mampu memproses atau mengolah data dan apikasi yang besar, dan mampu melayani ratusan pengguna dalam waktu yang bersamaan dengan optimal. Komputer mainframe pada umumnya banyak digunakan dalam perusahan atau organisasi yang menangani data seperti riset penelitian, transaksi finansial, dan sensus.

    Keunggulan komputer mainframe selain mampu mengolah data dan aplikasi yang besar adalah komputer mainframe memiliki kecepatan pengolahan data yang tinggi, kompatibel dengan jenis aplikasi apapun, dan memiliki ketangguhan. Namun, walaupun memiliki banyak keunggulan, komputer mainframe juga memiliki kelemahan yaitu membutuhkan daya listrik yang besar dan harganya yang mahal.

    Komputer mainframe antara lain adalah IBM System/360, IBM System/390, Honeywell-Bull DPS 7, dan Cray-1.

    4. Komputer Super (Super Computer)


    Komputer Super

    Komputer Super adalah jenis komputer yang memiliki ukuran paling besar diantara jenis komputer lainnya. Ukurannya yang begitu besar sebanding dengan kemampuan yang dimilikinya. Hal tersebut terbukti dengan komputer super merupakan komputer yang memiliki kapasitas terbesar dalam memproses atau mengolah data daripada komputer yang lain saat ini, terutama dalam proses perhitungan data.

    Komputer super biasanya banyak digunakan untuk mengerjakan perhitungan yang intensif, seperti prakiraan cuaca, riset iklim (riset pemanasan global, permodelan molekul), simulasi fisik (kapal terbang, simulasi peledakan nuklir, riset fusi nuklir), dan analisikrip. Oleh karenya komputer ini banyak digunakan di kalangan militer dan sains.
    Komputer super antara lain Sunway TaihuLight miliki Tiongkok, Tianhe 2 milik Tiongkok, dan Titan milik Amerika Serikat.

    Demikianlah artikel yang membahas tentang jenis-jenis komputer yang digunakan di dunia. Jangan lupa update terus informasi kalian dengan artikel-artikel menarik dan pastinya bermanfaat dari Calon-A.Md. Blog.































    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel