Recent Posts

    Pengertian dan Macam-Macam XML File pada Android

    Berbagai Macam File XML pada Android

    XML pada Android: Dasar-Dasar dan Berbagai Macam File XML yang Digunakan pada Android

    XML adalah singkatan dari Extensible Markup Language. XML adalah bahasa Markup seperti halnya HTML, yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah data. Tag XML sebelumnya tidak secara langsung terdefinisi di dalamnya, melainkan kita harus mendefinisikannya sendiri terlebih dahulu. File XML sendiri dapat dibaca dan dipahami dengan mudah, baik oleh manusia maupun mesin. File XML memiliki cakupan bahasa pemrograman yang luas dan mudah untuk dikembangkan.

    Pada android, file XML digunakan untuk membuat atau mendesain Layout dari suatu aplikasi android, hal ini karena XML adalah bahasa pemrograman yang ringan sehingga tidak membuat Layout aplikasi menjadi berat.

    Pada artikel kali ini, Kita akan membahas konsep dasar XML pada android dan memahami berbagai jenis file XML yang digunakan untuk berbagai keperluan di android. Artikel ini akan membantu Kita dalam memprogram sebuah kide UI untuk mendesain suatu user interface atau antarmuka pengguna pada aplikasi android.


    Dasar User Interface atau Antarmuka Pengguna pada Android

    Seluruh konsep user interface atau antarmuka pengguna di android didefinisikan menggunakan hierarki objek View dan ViewGroup. ViewGroup adalah sebuah container atau wadah yang tidak nampak, yang mengatur childs view. Childs view sendiri adalah sebuah widget lain yang digunakan untuk membuat suatu bagian UI yang berbeda. Dalam satu ViewGroup dapat memiliki ViewGroup lain sebagai elemen turunannya, contohnya seperti ditunjukkan pada diagram di bawah ini:

    Hierarki Objek View dan ViewGroup pada Android

    Dalam diagram ViewGroup di atas, Linear Layout merupakan ViewGroup yang berisi satu ViewGroup yaitu Relative Layout dan 2 View, yaitu Button dan TextView. Kemudian di bawah ViewGroup Relative Layout terdapat 2 View lagi yang bersarang, yaitu 2 EditText.

    Cuplikan kode di bawah ini akan menjelaskan maksud dari diagram di atas. Silakan paste-kan pada file activity_main.xml, kemudian amatilah.



    Dasar antarmuka pengguna pada android

    Setiap layar aplikasi android memiliki beberapa komponen, seperti tombol, teks, atau gambar. Semua komponen tersebut terdapat di dalam ViewGroup. Layout adalah salah satu contoh terbaik dari ViewGroup. Berbagai jenis Layout yang terdapat di android antara lain: Linear Layout, Relative Layout, Absolute Layout, Table Layout, dan Frame Layout.


    Berbagai Macam File XML yang Digunakan pada Android

    Pada android, terdapat beberapa file XML yang digunakan untuk beberapa tujuan yang berbeda. Berikut ini definisi masing-masing file XML tersebut.

    1. Layout XML File

    Layout XML Files digunakan untuk mendefinisikan UI (antarmuka pengguna) yang sebenarnya dari sebuah aplikasi. Layout XML File menampung semua elemen (views) atau alat yang digunakan oleh aplikasi, seperti TextView, Button, dan elemen UI lainnya.

    Lokasi Layout XML Files di Android Studio: app --> res --> layout --> activity_main.xml

    Letak file layout activity_main.xml pada Android Studio

    File XML ini akan kita temukan di dalam folder res, dan di dalamnya lagi terdapat folder bernama layout. Nah di folder inilah kita akan mendapatkan semua jenis file layout yang digunakan untuk aktivitas atau fragments dalam membuat aplikasi android.

    Adapun contoh koding dasar Layout XML seperti berikut. Pada file activity_main.xml berikut memiliki 2 TextView.


    2. Manifest XML File

    File XML ini digunakan untuk mendefinisikan semua komponen pada aplikasi android. Termasuk nama paket, aktivitas, penerima, layanan, dan izin yang dibutuhkan oleh aplikasi. Sebagai contoh, misalkan kita membuat sebuah aplikasi yang memerlukan akses internet, maka kita perlu mendifinisikan izin akses internet di dalam file Manifest XML ini.

    Lokasi Manifest XML di Android Studio: app --> manifest --> AndroidManifest.xml

    Letak file AndroidManifest.xml pada Android Studio

    Adapun contoh koding file AndroidManifest.xml seperti berikut. Pada file berikut juga terdapat contoh mendefiniskan izin akses internet pada aplikasi.


    3. Strings XML File

    File XML ini digunakan untuk mengganti Hard-coded string dengan single string. Kita mendefinisikan semua string di dalam file XML ini, kemudian mengaksesnya pada aplikasi (aktivitas atau dalam file Layout XML) melalui file XML ini. File XML String meningkatkan kemungkinan penggunaan kembali sebuah kode program.

    Lokasi Strings XML File di Android Studio: app --> res --> values --> strings.xml

    Letak file strings.xml pada Android Studio

    Adapun contoh koding file strings.xml seperti berikut. Pada file berikut juga terdapat contoh mendefinisikan string-nya.


    4. Styles XML File

    File XML ini digunakan untuk mendefinisikan styles/gaya yang berbeda dan mencari UI (user interface) dari sebuah aplikasi. Kita bisa mendefinisikan tema dan styles/gaya khusus untuk UI aplikasi melalui file XML ini.

    Lokasi Styles XML File di Android Studio: app --> res --> values --> styles.xml

    Letak file styles.xml pada Android Studio

    Adapun contoh koding file styles.xml seperti berikut.


    5. Drawable XML File

    File XML ini digunakan untuk menyediakan berbagai gambar atau grafik ke elemen atau tampilan aplikasi. Ketika Kita perlu untuk membuat UI khusus, maka Kita bisa menggunakan file Drawable XML ini. Contohnya, misalnya jika Kita ingin memberikan warna gradien pada background Button, atau bentuk apapun secara acak untuk tampilan, maka Kita harus membuat file XML Drawable-nya dahulu, barulah kemudian mengaturnya sebagai bacground View.

    Lokasi Drawable XML File di Android Studio:

    Letak file drawable.xml pada Android Studio

    Adapun contoh koding file custom_drawable.xml seperti berikut. Pada file berikut terdapat contoh cara mendefiniskan warna latar gradien menggunakan attribut style.


    6. Colors XML File

    File XML ini digunakan untuk mendefinisikan kode warna yang digunakan pada aplikasi. Kita dapat dengan mudah mendefinisikan warna dan kemudian menggunakannya pada aplikasi melalui file XML ini.

    Lokasi Colors XML File di Android Studio: app --> res --> values --> colors.xml


    Letak file colors.xml pada Android Studio

    Adapun contoh koding file colors.xml seperti berikut. Pada file berikut juga terdapat contoh mendefiniskan warna hijau dan putih.


    7. Dimens XML File

    File XML ini digunakan untuk mendefinisikan dimensi View atau Tampilan aplikasi. Contohnya, misalnya kita membutuhkan Button dengan tinggi 50dp (kepadatan pixel), maka Kita harus mendefinisikan nilai 50dp dalam file dimens.xml, dan kemudian menggunakannya pada aplikasi melalui file XML ini.

    Lokasi Dimens XML File di Android Studio: app --> res --> values --> dimens.xml

    Letak file value dimens.xml pada Android Studio

    Adapun contoh koding file dimens.xml seperti berikut. Pada file berikut juga terdapat contoh mendefinisikan nilai 50dp untuk tinggi Button.


    Yaps, demikian artikel tentang dasar XML pada pemrograman android, semoga bermanfaat, dan sampai bertemu pada artikel lain selanjutnya.



    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel