Recent Posts

    Tutorial Pemrograman Android: Mengenal dan Membuat Toast di Android Menggunakan Android Studio

    Mengenal dan Membuat Toast di Android dengan Android Studio

    Toast adalah umpan balik yang diberikan kepada pengguna tentang operasi dalam munculan kecil. Gampangannya toast lebih dikenal sebagai pesan teks yang ditampilkan pada android. Toast memiliki fungsi untuk memberikan informasi dalam bentuk teks kepada pengguna android.

    Toast memberikan informasi terkait aktivitas atau operasi yang sedang berjalan saat ini pada android, tentunya ini sangat interaktif. Toast akan hilang secara otomatis setelah batas waktu tertentu, tergantung bagaimana proses toast itu dibuat.

    Contoh toast sederhana bisa kita lihat pada saat mengirim email. Pada saat kita menekan tombol kirim, di situ kemudian akan muncul toast berupa pesan teks "Sending Message...", kurang lebih seperti pada gambar berikut.

    Contoh toast sederhana pada android

    Toast bekerja dengan menggunakan method makeText(). Metode ini mengambil 3 parameter, yaitu: ApplicationContext, the Text Message, dan the duration. Kemudian digunakan akhiran show() agar toast ditampilkan.

    Pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat toast dalam android dengan menggunakan aplikasi android studio. Langsung saja, cek it out!


    Langkah-langkah :

    1. Buat project baru

    Buatlah project baru pada android studio. Beri nama project dengan "Toast", atau beri nama sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jangan lupa atur aplikasi akan berjalan pada android dengan minimum api berapa, di sini saya memilih minimum api 19 (KitKat).

    2. Edit file activity_main.xml

    Langkah selanjutnya edit file main_activity.xml, tambahkan TextView dan Button. Adapun kodingnya seperti berikut.


    3. Buat dan edit file dimens.xml

    Karena batas atas atau padding-top aplikasi yang kita buat menggunakan resources dimens, maka kita harus membuat dan mengedit resources dimens-nya. Adapun kodingnya seperti berikut.


    4. Edit file MainActivity.java

    Langkah selanjutnya adalah mengedit file MainActivity.java, adapaun hasil dan kodingnya seperti berikut.


    5. Jalankan/Run aplikasinya

    Terakhir adalah kita akan menjalankan atau me-run aplikasinya. Untuk menjalankannya kita bisa dengan menggunakan android emulator bawaan android studio, atau juga bisa langsung pada smartphone android. Di sini saya menjalankannya langsung pada smartphone android versi api 19 (KitKat). Apabila selama proses menjalankan aplikasi tidak ada masalah atau error, adapun hasilnya seperti screenshot berikut.

    Cara membuat toast di android dengan Android Studio

    Yaps, demikian tutorial tentang bagaimana cara membuat Toast di android, semoga bermanfaat, dan sampai bertemu pada artikel lain selanjutnya.



    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel