Recent Posts

    Tutorial Pemrograman Android: JSON Parsing Android Menggunakan Android Studio

    Tutorial JSON Parsing Android

    Mengenal Apa Itu JSON


    JSON adalah singkatan dari JavaScript Object Notation yaitu suatu format pertukaran data yang ringkas, ringan, terstruktur, mudah dibaca dan dipahami oleh manusia, yang digunakan dalam pertukaran data pada komputer.

    Untuk informasi lebih lengkap terkait apa itu JSON, bisa sobat lihat pada sumber berikut:

    Lalu untuk keperluan apa JSON digunakan pada android?

    JSON digunakan pada android untuk keperluan aplikasi android itu sendiri, terkadang suatu aplikasi android membutuhkan sebuah data yang berasal dari suatu server untuk ditampilkan dalam aplikasi android tersebut. Dan untuk mengambil data yang terdapat dari server kita dapat menggunakan API (Application Programming Interface).

    API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, protokol, dan objek yang dapat digunakan oleh seorang programmer untuk membuat aplikasi perangkat lunak (aplikasi) berinteraksi dengan sistem eksternal (server). Untuk lebih lengkapnya mengenai apa itu API bisa dilihat pada sumber berikut:


    Nah kemudian untuk penyaluran data dari server ke client (aplikasi) dibutuhkan sebuah format standar pertukaran data, maka di sinilah peran dari JSON. Adapun contoh dari JSON sebagai berikut.



    Pada tutorial latihan kali ini, kita akan menggunakan contoh JSON yang sangat sederhana dan sudah tersedia di internet. JSON yang akan kita gunakan berisi data contact person, yang setiap node-nya berisi informasi seputar contact seperti nama, email, alamat, gender, dan nomor telepon/HP. Untuk dapat menggunakan data JSON tersebut kita akan memakai library java.net, yaitu sebuah library bawaan java sendiri untuk membuat proses pemanggilan HTTP dan mencocokkan JSON dari URL.

    Adapun sekilas tampilan JSON-nya seperti berikut, atau bisa juga diakses langsung melalui alamat berikut:




    Elemen JSONArray dan JSONObject pada JSON

    Sebelum lanjut ke praktek, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu terkait elemen pada JSON yang nantinya akan digunakan pada praktek. Adapun elemen yang dipakai adalah JSONArray dan JSONObject. JSONArray dalam JSON direpresentasikan dalam dengan tanda [ (Square Brackets), sedangkan JSONObject direpresentasikan dengan tanda { (Curly Brackets).

    Kemudian untuk implementasi pada koding java-nya, jika kita menggunakan JSONArray maka method yang dipanggil adalah getJSONArray(), dan kalau menggunakan JSONObject maka method yang dipanggil adalah getJSONObject().

    Sampai di sini cukup jelas ya perbedaan antara JSONArray dan JSONObject dalam JSON. Selanjutnya kita menuju praktek, yaitu cara parsing JSON pada android. Let's go!


    Cara Parsing JSON pada Android

    1. Buka aplikasi Android Studio, buatlah project baru

    Langkah pertama adalah membuat project baru pada android studio, beri nama project tersebut sesuai keinginan/kebutuhan. Misalnya di sini saya memberi nama aplikasinya "Android JSON 1 - JSON Parsing". Untuk settingan yang lain biarkan saja default. Khusus untuk aplikasi kita akan berjalan pada Android Minimum API berapa silakan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, di sini saya memilih minimum API 19 (KitKat).

    2. Tambahkan permission INTERNET pada file AndroidManifest.xml

    Langkah selanjutnya adalah memberikan aplikasi izin untuk mengakses internet, karena aplikasi yang kita buat membutuhkan koneksi internet untuk mengakses JSON yang terdapat di server URL.



    3.  Membuat kelas HttpHandler.java

    HttpHandler.java Class akan digunakan untuk menghandle/menangani koneksi dan mendapatkan data JSON dari URL.



    4. Menambahkan ListView pada file activity_main.xml




    5. Membuat layout list_item.xml

    Langkah selanjutnya membuat layout View yang nantinya akan menampilkan data JSON, beri nama layoutnya dengan list_item.xml, adapun kodenya seperti berikut.



    6. Edit file MainActivity.java

    Sebelum men-download dan mem-parsing JSON, terlebih dahulu kita deklarasikan variabel-variabel untuk ListView nya. Adapaun deklarasi variabel-variabelnya seperti berikut.


    Kemudian untuk men-download dan mem-parsing JSON kita akan menggunakan kelas Async class, yang nantinya akan menghandle/menangani pemanggilan http (untuk mendapatkan JSON-nya), yang akan dikerjakan di Background Thread.

    Dalam hal ini terdapat 3 method penting dalam Asyn class, yaitu:

    1. Method onPreExecute(): yaitu method yang dipanggil sebelum mulai eksekusi (sebelum pemanggilan HTTP). Pada method ini kita bisa membuat inisialiasi Progress Dialog, karena method ini berjalan di Main Thread.
    2. Method doInBackground(): yaitu method yang dipanggil saat pemanggilan HTTP, pada method ini kita akan membuat proses untuk mendapatkan data dari JSON dan kemudian mem-parsingnya. Dalam studi kasus ini kita akan memakai method yang sudah kita buat, yaitu makeServiceCall().
    3. Method onPostExecute(): yaitu method yang dipanggil setelah eksekusi (setelah pemanggilan HTTP). Pada method ini kita akan membuang/menghilangkan Progress Dialog, dan kemudian menampilkan data JSON ke dalam ListView dengan menggunakan Adapter.
    Sehingga implementasi pada MainActivity.java secara keseluruhan menjadi seperti berikut.

    8. Jalankan atau Run aplikasinya

    Langkah terakhir adalah menjalankan/me-run aplikasinya. Untuk tahap ini kita bisa menjalankan aplikasinya dengan menggunakan Anroid Emulator, ataupun juga langsung menjalankannya pada smartphone android, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing. Di sini saya menjalankan aplikasi langsung pada smartphone android api 19 (KitKat), apabila tidak ada kesalahan atau error, maka tampilan aplikasinya seperti screenshot berikut.

    Tutorial JSON Parsing Android Menggunakan Android Studio

    Yaps, demikian tutorial tentang bagaimana cara mem-parsing JSON di android, semoga bermanfaat, dan sampai bertemu pada artikel lain selanjutnya.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel